Skip to main content

Rindu.. saat aku belajar banyak tentang hati hanya dari kompetisi

Apa kalian ingat masa kecil kalian seperti apa ? Apa kalian ingat seberapa banyak kebahagiaan kesedihan yang membentuk sensitifitas hati kalian? Berapa banyak keberhsilan dan kegagalan yang membentuk pribadi kalian ?

Sekitar 20 menit yang lalu, aku iseng buka blog yang tua ini . Tiba tiba yang teringat masa sekolahku,

alasanku ngeblog selain karena senang bermain kata (meskipun agak aneh) juga karna aku begitu bahagia sama coding coding html kalau ngedit tema. edit fotonya atur html nya. Amat sangat penasaran dan puas..

Di masa itu aku ingat belajar banyak hal . Hobiku adalah berkompetisi. Meskipun aku berulang kali gagal dan hanya beberapa kali menang. Satu satunya kegagalan yg membuatku sedih adalah ketika keberhasilannya adalah hal yang diharapkan orangtuaku. Dulu...  selebihnya kegagalan adalah salah satu tahap membahagiakan karena sensasi penasaranku bertambah dan itu menyenangkan. Rasa ingin tau yang tumbuh lagi dan lagi. Akan kuulang sampai aku berada di level yang cukup memuaskan.

Sebenarnya aku merasa dulu aku tak begitu mengingankan apa apa .
Sumber motivasiku sekaligus asal kekecewaanku adalah harapan dari keluarga termasuk guru guruku. Saat itulah aku mulai punya orientasi.
Harapan mereka jadi harapanku. Wajah kepuasan mereka jadi kebahagianku. Kekecewaan mereka seperti sesuatu yang harus kupertanggung jawabkan. Waktu mereka dan ilmu mereka seperti suatu harta karun yg diberikan.

Disitulah aku tau salah satu pribadiku yang lain .. disitu pula lah warna emosiku hadir senang sedih kecewa .. gugup ..

Aku juga mulai belajar rasa kagum dari adanya persaingan. Aku kenal dengan seorang teman yang hanya bertemu ketika kompetisi. Mungkin jika ada 10 kali pertemuan ia saingan terkuat untuk semua. Pertemuan pertama hingga kelima peduli pun, aku tidak. Aku hanya senang bermain leveling ini. Sudah kubilang obsesiku ada pada rasa penasaranku sendiri. Bukan pada apa yang dicapai orang lain saat itu.

Pertemuan kelima adalah keberhasilanku yang pertama. Berturut turut ak masih saja berkompetisi sampai akhirnya pertemuan ketujuh aku mulai setara dengannya.

Saat itu lah aku baru melihatnya...

Dia.. nama teman yang selalu jadi yang pertama sejak pertama bertemu. Aku... seorang anak yang memulai cerita ini dari nomor lima. Hari itu aku menang. Ia entah bagaimana bisa gagal. aku senang dan cukup puas tapi kesenanganku tiba tiba tertahan..

Untuk pertama kalinya.. wajahnya amat sangat sedih. Meski sebelumnya aku juga nggak pernah lihat mukanya sih. Aku sibuk memikirkan kkuranganku di permainan ini. Tapi hari itu kecewanya terlalu tampak besar. air mukanya sangat berubah . saat itulah aku tak memalingkan muka dan merasa ada sesuatu yang salah.

Kami bersalaman. Aku melirik raut mukanya.. lalu senyum bahagiaku menipis .. wajah sedihnya bikin aku belajar cara bersedih.

Begitu baaanyaaak namanya disebut orang lain karna ke-charming-an nya. Dari orang orang tua yang ingin punya anak seperti dia sampai orang muda yang ingin menjadi dirinya.

Terimakasih untuk kabar bahwa kita ternyata saling mengenal. Aku belajar rasa dan wajah kecewa darimu. Bahwa aku pun harus punya rasa itu.

Lalu sesuatu tertanam di hatiku. Perumpaan yang pernah disebutkan seseorang yaitu

"Senang biasa. Sedih tak kentara."

Janganlah berlebihan baik itu saat senang maupun sedih karena mungkin saat kamu senang sedang ada yang terluka.

Hmmm Wajah sedihmu terlalu sering lewat lewat di kepalaku kalau akupun sedang sedih.

Karna blog ini dan dari blog ini..
Entah kenapa tiba tiba rindu kalian semua para pengajar pengajar emosiku .

 untuk bapak bapak guruku disana. Semoga ilmu ini jadi ladang pahalamu. Semoga dimudahkan rejekinya dan bahagia dunia akhirat sekeluargamu.

 Untuk almarhum wajah sedih yang ku ingat. Terimakasih pembelajarannya . Semoga Allah menerima segala amal ibadahmu. Berbahagialah di surga. Allah sangat mencintaimu. 

Comments

Popular posts from this blog

Costae 12 - Bontang dan SG5

Assalamu'alaikum ... Apa  kabar semuanyaa..... Hey bloggy , shaggy, blacky , dan monkey . Dari sekian banyak 'peliharaan' yang ada, rasa-rasanya si Bloggy memang yang paling terabaikan. Lihatlah empu mu ini sekarang, hampir mirip pandaggy *matapanda*. Pada belum tau kan sekarang aku kuliah dimana, karena terlalu basi untuk diceritakan panjang lebar maka ada baiknya aku post foto-fotonya aja ya . Aku sekarang resmi menjadi mahasiswi : Universitas Lambung Mangkurat Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Yep, Costae 12 adalah nama angkatan kami dan Bontang Club (nomor 4) dan  Sanggalima (nomor 12) adalah julukan dimana aku menjadi bagian dari kedua 'komplotan' ini. Sedikit peyorasi memang kalau disebut sebagai komplotan.  Konotasinya jadi negatif.  Tapi, sebenarnya keduanya berisi orang-orang yang sedang berjuang di Jalan Allah dalam menuntut ilmunya menjadi dokter yang berhati mulia. Amiin. *yeah* .  Masing-m

Proud of You -

Teaching me to love with heart Helping me open my mind I can fly I'm proud that I can fly To give the best of mine Till the end of the time